5 Cara Bertahan dari Tekanan Kerja

Bertahan dari berbagai tekanan dalam pekerjaan diperlukan pola pikir yang positif guna merubahnya menjadi sebuah tantangan. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci tentang bagaimana bertahan dalam bekerja.

5 Cara Bertahan Dari Tekanan Kerja

Pekerjaan yang berat dan menekan memang membuat sebagian besar karyawan menjadi stres dan berniat untuk keluar. Namun, apa jadinya coba jika kita mengubah mindset kita tentang tekanan kerja tersebut. Dimana, hanya perlu menerapkan bagaimana cara bertahan dari tekanan kerja secara efektif dan tanpa ada paksaan. Sehingga, setiap pekerjaan yang dilimpahkan kepada Anda bukan jadi menjadi soal tapi sebuah tantangan yang akan memicu semangat Anda. Tentu saja, hal ini sangat positif dalam membangun karakter pribadi maupun skill.

Memang, dalam menerapkan cara bertahan dari tekanan kerja itu sulit. Umumnya karyawan akan keluar dari pekerjaan tersebut. Padahal, hal itu bukan solusi melainkan “melarikan diri” yang merupakan karakter seorang pengecut. Apalagi tanpa ada alasan jelas, hanya karena tak tahan.

Namun, keluar dari pekerjaan bisa menjadi solusi jika ada alasan yang tepat dan benar-benar profesional. Hanya saja, kali ini LokerJogja.id tak akan menjadikan itu menjadi solusi melainkan akan memberikan beberapa tips agar bisa selalu bertahan dalam menghadapi setiap tantangan dalam bekerja. Apa saja itu? Simak saja tipsnya dalam beberapa langkah di bawah ini!

Cara Bertahan dari Tekanan Kerja

Tidak ada yang ingin bekerja yang terus didera tekanan berat. Padahal, sebenarnya setiap pekerjaan itu adalah tekanan, hanya saja ada tekanan yang tak terasa atau tekanan yang membuat seseorang stres. Berikut akan dijelaskan 5 cara bertahan dari tekanan kerja

  1. Jangan Dipikir, Just Do It!

Maksudnya, bukan berarti Anda dilaran berpikir dalam bekerja. Namun, lebih tertuju pada lakukan saja pekerjaan itu. Jangan dipikir bagaimana kalau tidak dapat target, bagaimana jadinya kalau ditolak konsumen, apa jadinya jika atasan marah. Hilangkan pikiran tersebut. Lakukan saja pekerjaan tersebut tanpa merasakan beban yang ditanggung meski ada tanggungjawab yang harus diselesaikan. Cara ini ditujukan untuk mengalihkan pikiran Anda agar tidak menjadikannya sebagai pikiran yang justru membebani.

  1. Pikirkan Bagaimana Solusi Menyelesaikannnya

Kebanyakan jika karyawan merasa terbebani dengan pekerjaan, akan menjadi pikiran. Ini tidak salah dan wajar namun ada baiknya ganti pikiran tersebut dengan mencari cara yang berupa solusi. Artinya, ketika diterpa sebuah tanggungjawab besar, upayakan untuk menemukan cara menyelesaikannya. Dengan begitu Anda secara tak langsung menjadikan beban tersebut jadi sebuah tantangan tersendiri. Bayangkan, jika Anda bisa menyelesaikan target dengan solusi Anda sendiri, tentu sebuah kepuasan yang mendorong Anda untuk segera menyelesaikan pekerjaan dengan tepat.

  1. Ingat Cita-Cita

Jadikan cita-cita Anda sebagai percikan api pembakar semangat Anda. Jika ada dorongan maka seberat apapun pekerjaan tersebut maka akan bisa dihadapi meski rasanya berat. Di sisi lain, dengan mengingat cita-cita maka setidaknya Anda punya tujuan kenapa Anda harus bertahan dari pekerjaan yang menantang tersebut dengan target yang begitu berat.

  1. Tidur Cukup dan Konsumsi Makanan Bergizi

Gunakan waktu luang atau libur untuk istirahat sejenak. Sesekali juga bisa menggunakan waktu libur untuk berlibur. Namun, jika badan terasa capek, manfaatkan waktu sela tersebut untuk beristirahat. Ingat, tak hanya tubuh saja, tapi pikiran dari beratnya beban kerja juga harus mendapat perhatian. Selain itu, konsumsi makanan bergizi untuk menjaga kebugaran fisik supaya tubuh selalu sehat dan bugar sehingga selalu siap menghadapi setiap tantangan pekerjaan yang berat dan menekan.

  1. Jika Memang Tak Kuat, Keluar dengan Baik-Baik

Terakhir, apabila Anda benar-benar merasa tak sanggup lagi dengan berbagai upaya yang dilakukan agar bertahan maka keluar lah dengan baik-baik. Hal ini sangat disepelekan banyak orang, hanya karena tak nyaman dan tak kuat, mereka langsung pergi, tak masuk kerja tanpa pemberitahuan. Padahal, dengan Anda menunjukkan surat ijin keluar maka secara tak langsung akan mendidik psikologi Anda untuk lebih profesional dan menghormati setiap keputusan.

Liburan adalah tips lain dari 5 cara bertahan dari tekanan kerja. Sebab, tips yang satu ini tak selalu bisa menjadi pilihan alternatif mengingat akan menguras tenaga karena digunakan untuk bermain di luar kota. Hanya pikiran saja yang fresh namun fisik justru capek. Meski demikian, liburan bagi LokerJogja.id adalah cara yang cukup efektif dalam menghadapi tekanan kerja karena sejenak kita akan melupakan beratnya tanggungjawab dari pekerjaan itu sendiri. Nah, semoga artikel terkait dengan 5 cara bertahan dari tekanan kerja yang diuraikan di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa kawan.

Lebih jelas untuk informasi mengenai lowongan kerja di Jogja, bisa melihat LokerJogja.id.

Bagikan
Follow LokerJogja.ID Ikuti Kami