Berikut Cara Profesional Menghadapi Beda Pendapat Dengan Atasan

Memiliki pendapat yang berbeda dengan atasan adalah hal yang biasa

Berikut Cara Profesional Menghadapi Beda Pendapat Dengan Atasan

Berikut Cara Profesional Menghadapi Beda Pendapat Dengan Atasan – Ada beberapa karyawan yang masih kesulitan dalam menyampaikan pendapat atau berkomunikasi dengan atasan/ bos. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya rasa takut, tidak tahu cara membuka obrolan atau lain sebagainya. Jika kita tidak terbiasa berkomunikasi juga menjadi salah satu penyebabnya. Ketika kamu kesulitan berkomunikasi dengan atasanmu ada beberapa hal yang mungkin bisa merugikanmu atau pekerjaanmu. Berkomunikasi memiliki etika apalagi dengan atasanmu. Tentunya setiap atasan akan berbeda-beda untuk cara berkomunikasinya. Ada yang atasan enak diajak untuk berdisuksi tapi ada juga yang terlihat dingin.

Cara Menyampaikan Argumen Kepada Atasan

Ketika kamu tidak dapat berkomunikasi dengan baik kepada atasanmu, pendapat, saran dan keluh kesah kamu tidak akan tersampaikan. Hal yang lebih parah akan terjadi miss communication karna kamu tidak menyampaikan pendapatmu atau idemu. Memberikan saran kepada atasan adalah hal yang wajar ketika kamu memiliki data yang cukup kuat. Berikut ini tips untuk berkomunikasi dengan atasanmu:

  1. Perhatian waktu dan tempat

Ketika berdiskusi dengan atasanmu dan mengalami beda pendapat. Perhatikan waktu dan tempat saat hendak menyampaikan pendapatnya. Jangan memotong pembicaraan atasanmu ketika sedang menyampaikan pendapat. Perhatikan juga orang yang ada ketika kamu akan menyampaikan pendapatmu.

  1. Bersikap Profesional

Sampaikan argumen dengan sikap yang profesional. Perhatikan intonasimu jangan sampai terkesan untuk menggurui. Ketika kamu mempunyai argumen yang berbeda dengan atasanmu pastikan kamu sudah mempersiapkan data argumenmu. Selain itu kamu juga harus bisa mendengarkan pendapat orang lain.

  1. Kenali karakter atasanmu

Ketika kamu sudah mengetahui karakter dari atasanmu, kamu akan lebih mudah untuk menyampaikan pendapatmu. Cara penyampaian setiap orang berbeda-beda tergantung dari karakternya termasuk juga atasanmu. Ketika kamu tidak bisa mengambil hati atasanmu, maka kemungkinan kecil pendapatmu akan didengarkan.

  1. Sampaikan dengan tenang

Sampaikan apa argumenmu dengan sikap tenang. Jangan sampai kamu menyampaikan dengan emosi. Ketika kamu menyampaikan dengan tenang maka kalimat yang akan keluar jadi lebih enak dan mudah untuk didengar.

Tidak ada salahnya kamu mempunyai pendapat yang berbeda dengan atasanmu. Dan atasan mu belum tentu selalu benar, terkadang juga membutuhkan pendapat dari karyawannya. Sampaikan pendapatmu dengan etika komunikasi yang baik dan benar agar pendapatmu didengarkan oleh atasamu.

Cari info loker terbaru hanya di LokerJogja.ID

Bagikan
Follow LokerJogja.ID Ikuti Kami