Virus Corona bikin kamu Work From Home, Gini Caranya Agar Tetap Produktif !
Ada beberapa perusahaan yang sudah menerapak work from home untuk mencegah penyebaran virus Covid 2019. Memang tak mudah untuk bekerja dirumah tapi harus tetap kita patuti. Demi kebaikan bersama !
Virus Corona bikin kamu Work From Home, Gini caranya agar tetap Produktif – Tahun 2020, wabah penyakit yang sedang meresahkan dunia ini masuk ke Indonesia. Wabah tersebut sering kita sebut dengan Corona atau Covid-2019. Wabah ini menyebar dengan sangat cepat. Oleh sebab itu guna mencegah penyebaran virus Covid-2019 pemerintah menghimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Termasuk ada beberapa perusahaan yang ikutserta untuk melakukan pencegahan dengan cara menerapkan kebijakan work from home alias bekerja dari rumah. Kebijakan WFH dirasa bisa membantu untuk mencegah penyebaran virus Covid 2019.
Tetap Produktif Selama Work From Home
Kebijakan ini bukan hanya 1-2 hari saja, work from home bisa berlangsung berminggu-minggu, samai pandemik virus covid-2019 ini diatasi. Bukan hal yang mudah untuk bekerja dirumah apalagi bagi karyawan yang belum pernah punya pengalaman membawa pulang pekerjaan kantornya. Itu sebabnya work from bisa menurunkan produktivitasmu, berikut tips untuk tetap produktif selama work from home :
- Bangun pagi
Jangan hilangkan kebiasaan selama kamu bekerja normal. Tetap bangun pagi untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Jangan lupa sarapan sebelum kerja untuk tetap menjaga staminamu. Hindari sarapan sambil bekerja karena itu akan membuat kamu tidak fokus.
- Hindari bekerja masih menggunakan baju tidur
Tetaplah selalu bekerja dengan keadaan bersih. Walaupun mungkin sebagaian menanggap ini sepele tapi tetaplah mandi untuk menjaga kesegaranmu. Jika kamu bekerja masih menggunakan pakaian tidurmu, bisa membuat semangatmu menurun.
- Siapkan ruang khusus untuk bekerja
Kamu perlu memilih tempat dirumahmu yang nyaman untuk bekerja. Usahakan pilih tempat yang bisa membangun semangat kerjamu dan kamu tetap bisa konsentrasi dalam bekerja. Jauhkan dari hal-hal yang memecah fokusmu.
- Atur waktu bekerja dan istirahat
Bekerja dirumah harus mengatur bekerja dan istirahatmu. Prinsipnya sama dengan bekerja dikantor, ada jam masuk, istirahat dan jam pulang kantor. Terapkan itu dan bayangkan kamu bekerja dengan jam normal di tempat kerjamu.
- Pastikan tetap menjaga komunikasi dengan rekan kerja
Walaupun perusahaan menerapkan Work From Home pastikan kamu selalu menjaga komunikasi dengan rekan kerjamu. Sempatkan waktu untuk membahas bekerja, ada baiknya kamu dengan rekan kerja bisa menanfaatkan teknologi yang bisa komunikasi dengan orang banyak. Jangan sampai dengan bekerja dirumah membuat misskom antar rekan kerjamu sehingga bisa menimbulkan masalah baru.
- Buat to- do list pekerjaan
Biasakan membuat list pekerjaan sebelum kamu memulai bekerja. Ada baiknya, setelah kamu selesai bekerja kamu membuat list kerjaan untuk hari berikutnya. Dengan kamu menerapkan hal itu membuat kamu tahu hal yang harus dikerjakan.
- Tidak bekerja sambil rebahan
Melakukan bekerja dirumah memang perlu kesadaran penuh untuk melakukan pekerjaan. Apalagi dengan perasaan malas yang selalu melanda. Tak jarang ada yang bekerja di tempat tidur. Mereka beranggapan kalau merasa capek bisa langsung rebahan bahkan ada kerja yang sambil rebahan. Jangan salah bekerja sambil rebahan malah membuat sakit punggung dan leher. Jadi tetaplah bekerja dikursi dan meja ya.
Dengan kamu menerapkan beberapa tips diatas, paling tidak kamu bisa membantu untuk pencegahan penyebarluasan virus covid-2019 dan tetap maksimal di perusahaanmu.
Simak terus lowongan terbaru di LokerJogja.ID